Negaraku Kaya Namun Tak Maju- Maju

INDONESIAKU MALANG
Indonesia adalah negara yang kaya raya. Potensi kekayaan alamnya sangat luar biasa, baik sumber daya alam hayati maupun non hayati. Bisa dibayangkan, kekayaan alamnya mulai dari kekayaan laut, darat, bumi dan kekayaan lainnya yang terkandung di dalam bumi Indonesia tercinta ini mungkin tidak bisa dihitung. Apabila dilihat secara geografis,dari sabang sampai merauke, terbentang tidak sedikit pulau yang ada di Indonesia. Dengan pulau besar, mulai pulau jawa, sumatra, kalimantan, sulawesi serta Irian Jaya. Namun disamping itu,terdapat pula ribuan pulau yang mengelilingi alam Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia merupakan negara kepulauan yang mempunyai kekayaan alam yang sangat besar.

Kekayaan SDA indonesia meliputi ;

1. Batu Bara


Jumlah sumber daya batubara Indonesia pada tahun 2005 berdasarkan perhitungan Pusat Sumber Daya Geologi, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral adalah sebesar 61,366 miliar ton. Sumber daya batubara tersebut tersebar di 19 propinsi.

2.Minyak Bumi


Menurut perkiraan para ilmuwan, minyak bumi mulai terbentuk selama jutaan tahun. Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak bumi.
Kualitas minyak bumi Indonesia cukup baik. Kadar sulfur (belerang) minyak bumi Indonesia sangat rendah, sehingga mengurangi kadar pencemaran udara.

3. Emas


Sumber daya emas merupakan salah satu dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, sama halnya seperti tembaga, minyak bumi, dan sumber daya alam lainnya yang memerlukan waktu yang lama untuk dapat diekstraksi. Emas memiliki kegunaan sebagai suatu alat tukar, mata uang, dan perhiasan, serta emas juga dapat digunakan untuk konduktor pada alat elektronik seperti pada komputer. Daerah-daerah di Indonesia yang memiliki potensi sumber daya emas antara lain yaitu pulau Sumatera, Kepulauan Riau, Pulau Kalimantan, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku, serta Papua

4. Berbagai minyak logam mineral

Mineral yang dipakai sehari – hari dalam kehidupan umat manusia tidak semuanya terdapat di Indonesia. Diperkirakan hanya 30% atau 30 Macam mineral utama terdapat di Indonesia. Mineral tersebut adalah emas, perak, tembaga, nikel, timah putih, timah hitam, alumunium, besi, mangan, chromit, minyak bumi, gas bumi, batubara, yodium, berbagai garam, berbagai mineral industri (asbes, bentonit, zeolit, belerang, fosfat, batu gamping dll), batu mulia, termasuk intan, dan bahan bangunan. Mineral langka masih belum diketahui di Indonesia, demikian juga uranium, hingga saat ini belum tersedia data yang rinci mengenainya.

Beberapa mineral telah menjadi andalan sektor pertambangan di Indonesia. Produksi dan cadangannya juga cukup besar. Timah, misalnya, memproduksi sekitar 15% produksi dunia, sementara cadangannya lebih kurang 8% cadangan dunia. Cadangan nikel mencapai 15% cadangan dunia, tetapi produksinya baru mencapai 10% produksi dunia. Berikut ini disampaikan beberapa angka mengenai mineral andalan Indonesia, disertai pula beserta cadangan potensinya

Tapi yang jadi pertanyaan, kenapa indonesia masih kategori negara berkembang? sedangkan indonesia kaya akan SDA. ada beberapa stetmen sebagai berikut :

1. Karena masyarakat kita belum menjadi masyarakat yang rajin. Kalau bisa menjadi masyarakat yang rajin (efisien waktu dan bukan malas), pasti jalan menuju itu terbuka lebar

2. Indonesia belum cukup maju karena masyarakatnya belum cukup madani. Belum sadar hukum, belum ada kepercayaan kepemerintahan, kurangnya kepedulian dalam pembagunan negara, sedikitnya kepedulian maupun pandangan mengenai pentingnya pendidikan, tidak ada swadayan dan bekerja mandiri tanpa perlu meminta bantuan pemerintah.

3. Banyak pelanggaran hukum, nepotisme, korupsi, tawuran, pengambilan kekuasaan sumber daya oleh pihal asing, dsb. Dimulai dari masyarakatnya sebagai peran dari politik

4. Faktor yang kedua yang akan menjadi penghambat negara berkembang menjadi negara maju adalah gagalnya membangun kemandirian pangan.

Ditulis Oleh : Unknown ~ukisaja

Basuki.Rahmat Anda sedang membaca artikel berjudul Negaraku Kaya Namun Tak Maju- Maju yang ditulis oleh ukisaja
Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.
Blog, Updated at: Sabtu, Mei 31, 2014

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentar ya

ukisaja© 2014. All Rights Reserved.
SEOCIPS Areasatu